7 Tanaman Berkhasiat Disekitar Kita


Alam telah menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, salah satunya yaitu tumbuhan. Berbagai jenis tanaman yang kita temui memiliki jenis, bentuk, serta fungsi yang berbeda. Dewasa ini, para peneliti telah mengembangkan penelitian tentang tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.
1.    Buah Delima (punica granatum)
Kulit buah delima mengandung alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, elligatanin, kalsium oksalat. Sedangkan bagian buah mengandung asam sitrat, glukosa, vitamin A, C, fosfor, zat besi, natrium serta kalium.  Beberapa bagian buah ini dapat di manfaatkan sebagai obat yaitu kulit kayu, kulit akar, kulit buah, biji dan buahnya. Pada pagian Kulit buah digunakan untuk mengobati: diare, radang tenggorokan, nyeri lambung, keputihan. Kulit akar dan kulit kayu digunakan untuk mengobati batuk, cacingan terutama cacing pita (taeniasis), batuk. Bunga berfungsi mengobati radang gusi, pendarahan, bronkhitis. Daging Buah berfungsi menurunkan berat badan, tekanan darah tinggi (hipertensi), rematik, sariawan, serta menurunkan berat badan.


2.    Mahkota Dewa (phaleria macrocarpa) Tanaman ini mengandung zat zat yang berguna untuk penyembuhan seperti Alkaloid adalah detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Flavonoid yang terkandung dalam buah Mahkota dewa berguna untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangkan kadar kolesterol dan mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, dan membantu mengurangkan rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan. Polyphenol Mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin atau alergi.

3. Patah Tulang (Euphorbia tirucalli L.)

Daun Patah Tulang biasa dijadikan sebagai tanaman pagar, tanaman hias di pot, serta tanaman obat. tanaman ini mempunyai rasa tawar, tetapi semakin lama menimbulkan rasa tebal di lidah, berbau lemah, dan getahnya beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam getah patah tulang, diantaranya senyawa euphorbone, taraksasterol, alpha-laktucerol, euphol, senyawa damar, kautschuk (Zat karet) dan zat pahit. Bagian Akar dan ranting dapat mengobati nyeri lambung, wasir, sifilis serta rematik. Pada bagian batang bisa mengobati sakit kulit, kusta. Sedangkan pada getahnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati kulit tertusuk duri, pecahan kaca, tulang ikan, serta benda lainnya. Hai-hati saat mematahkan tanaman patah tulang, jangan sampai getah memerciki mata, jika getah memerciki mata, cepat bilas dengan air kelapa atau santan. Getah dapat menimbulkan kebutaan.

4.    Kulit Pisang
Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang, Hampir setiap orang pasti pernah makan buah pisang. ya buah pisang sangat mudah kita jumpai apalagi di Indonesia. Namun kali ini akan di jelaskan mengenai manfaat dari kulit pisang. Kulit pisang ternyata mempunyai fungsi sebagai obat. Kuit pisang digunakan untuk mengatasi penyakit kulit borok, herpes, kutil,luka bakar serta untuk menyburkan rambut.


5.    Rabutan (Nephelium lappaceum)
Rambutan merupakan tanaman yang tumbuh di daerah beriklim tropis termasuk Indonesia. Buah ini sudah sangat familiar bagi kita, kebanyakan orang mempunyai tumbuhan ini di pekarangan rumahnya. Ternyata selain enak rasanya, tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai obat. Pada bagian kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri, demam. Daun berfungsi untuk mengatasi diare, menghitamkan rambut. Sedangkan pada bagian biji digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus).

6.Buah Srikaya (Annona Squamosa)

Buah srikaya berasal dari daerah tropis, Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih. Akar dan kulit kayu mengandung flavonoida, borneol camphor, terpene, dan alkaloid anonain. Bagian bagian pada tanaman srikaya dapat digunakan sebagai obat, pada bagian daun berfungsi sebagai pereda batuk, demam, rematik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi. Biji digunakan untuk mengatasi cacingan, mematikan kutu kepala dan serangga. Pada bagian akar digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, nyeri tulang punggung.

7. Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill)    
    Tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah meriah dalam hal harganya dipasaran. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada di dapur ataupun kulkas anda. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Beberapa diantaranya yaitu Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh, Pencegah Diabetes Secara Alami, Menajamkan Penglihatan.
   
Beberapa buah yang telah disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil jenis buah yang terdapat di nusantara. Masih ada beraneka ragam jenis buah dan tanaman lainnya yang perlu kamu ketahui manfaatnya. Semoga artikel yang berjudul “7  tanaman obat disekitar kita” bermanfaat bagi anda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar